Divisi LP3M

Divisi Publikasi dan Jurnal

PEDOMAN PENGAJUAN INSENTIF

PUBLIKASI ILMIAH

PENDAHULUAN

  1. Penyebarluasan hasil-hasil riset strategis nasional maupun internasional  dibutuhkan media jurnal ilmiah yang berkualitas, baik aspek isi, penampilan, penyebarluasan serta pemasaran (open journal system) yang luas dan mudah terjangkau oleh para peneliti, masyarakat pengguna, serta dunia usaha maupun industri yang membutuhkannya. Dan tentu saja, upaya pengelolaan keredaksian jurnal ilmiah yang terencana, tematik-spesifik keilmuan, dan berkelanjutan, patut menjadi komitmen utama para pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.
  2. Semakin beragamnya jurnal ilmiah yang terbit dari seluruh program studi maupun pusat studi bahkan asosiasi profesi keilmuan di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia di satu sisi, dan makin ketatnya proses akreditasi jurnal ilmiah (ARJUNA – Ristekdikti) dengan menggunakan instrumen Berkala Ilmiah Dirjen Dikti 2014 di sisi lain, diperlukan perhatian khusus dan terencana bagi keberlanjutan jurnal ilmiah yang benar-benar bermutu sekaligus Terakreditasi baik nasional maupun bereputasi internasional di masa mendatang.
  • Berdasarkan penelusuran artikel ilmiah yang dimuat pada jurnal internasional yang terindeks di SCOPUS per Nopember 2016, dari 70 – an perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, 35 publikasi artikel ilmiah dosen UMY dipublikasikan pada jurnal terindeks SCOPUS. Universitas Ahmad Dahlan 70 artikel ilmiah  di jurnal internasional, UMS 11 artikel ilmiah, UM Malang 6 artikel ilmiah (data SCOPUS per Nopember 2016).
  1. Dalam hal berkala ilmiah perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi nasional juga mengalami penurunan. Data Dirjen Dikti, Kemendiknas RI per Nopember 2017, sebanyak 258 berkala ilmiah/jurnal ilmiah PTN/PTS yang mendapatkan status TERAKREDITASI ARJUNA – Ristekdikti,  12 jurnal ilmiah di antaranya diperoleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 5 jurnal ilmiah Terakreditasi (A) antara lain TELKOMNIKA program studi Teknologi Informatika UAD kini terindeks SCOPUS,  UMY 4 berkala ilmiah Terakreditasi (B) antara lain MEDIA HUKUM fakultas Hukum UMY, Jurnal ILMU PEMERINTAHAN (JGP) program studi Ilmu Pemerintahan, Fisipol UMY, AFKAARUNA Fakultas Agama Islam, dan jurnal HUBUNGAN INTERNASIONAL Program Studi Hubungan Internasional Fisipol. Sementara Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya Universitas Muhammadiyah Surakarta 3 jurnal ilmiah antara lain GEOGRAFI, EKONOMI DAN PEMBANGUNGAN, TEKNIK ELEKTRO.

Untuk kepentingan ikhtiar tersebut, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan program Insentif Publikasi Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS (Q 1, Q2, Q3, Q4) , Insentif Publikasi Ilmiah pada Jurnal Terakreditasi ARJUNA – Ristekdikti (ARJUNA),  dan Insentif Publikasi Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Internasional terindex DOAJ, Copernicus, dan web of science.

TUJUAN

  1.   Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi berkala ilmiah di lingkungan UMY pada jurnal yang Terakreditasi ARJUNA – Ristekdikti.
  2. Memfasilitasi klinik penulisan artikel ilmiah hasil penelitian terbaru dan bermutu dosen UMY pada jurnal ilmiah Terakreditasi ARJUNA – Ristekdikti dan Jurnal Internasional Terindeks.
  •    Meningkatkan perolehan data artikel ilmiah dan jurnal internasional UMY yang terindeks di SCOPUS maupun peringkat System Citation Indeks (SCI) lainnya serta memiliki Impact Factor (IF) yang signifikan.

INSENTIF  PUBLIKASI ILMIAH

HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Diperoleh data karya ilmiah berbasis penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh para dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui jurnal ilmiah yang TERAKREDITASI ARJUNA – Ristekdikti
  2. Diperoleh data publikasi jurnal ilmiah di lingkungan UMY; (1) yang telah memenuhi persyaratan Instrumen Akreditasi Jurnal Ilmiah ARJUNA – Ristekdikti  Tahun 2014 Dirjen Dikti Kemendikbud, (2) telah memiliki rencana aksi (action plan) untuk diajukan dalam proses akreditasi.
  • Jumlah artikel ilmiah dosen UMY pada Jurnal Internasional  Terindeks SCOPUS (Q 1, Q 2, Q 3, Q 4) dan pada jurnal terindex Web Of Science, Copernicus, serta DOAJ.

PERSYARATAN PENERIMA INSENTIF PUBLIKASI ILMIAH

  1. Program insentif publikasi hasil penelitian (artikel ilmiah) melalui jurnal Terakreditasi ARJUNA Ristekdikti yang diterbitkan oleh program studi di lingkungan UMY maupun luar UMY, artikel ilmiah di Jurnal  Bereputasi Internasional dan artikel ilmiah pada Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS, berlaku bagi dosen tetap (NIDN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  2. Program insentif berlaku bagi artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Terakreditasi Nasional ARJUNA Ristekdkti terbitan Januari – Desember 2018 dan 2019;; publikasi manuskrif ilmiah pada Jurnal Bereputasi Internasional (peer-reviewed) terbitan Januari – Desember 2018 dan 2019; serta publikasi artikel ilmiah pada Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS terbitan Januari – Desember 2018 dan 2019.
  • Insentif  artikel ilmiah pada Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS (peer-reviewed) tidak berlaku bagi peneliti (penulis) yang telah mendapatkan insentif yang sama dari pihak UMY, pihak Dirjen DRPM, Kemenristekdikti ataupun melalui skema insentif dan pendanaan lainnya.
  1. Dana insentif artikel ilmiah diberikan bagi penulis pertama (ketua peneliti) sejumlah Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) jika artikel ilmiahnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah TERAKREDITASI ARJUNA Ristekdikti (kuota 50 artikel ilmiah), dan sejumlah Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) jika artikel ilmiahnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah terindeks DOAJ, Copernicus dan Web Of Science (200 artikel ilmiah).
  2. Dana insentif diberikan bagi publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS senilai maksimal Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah). Kuota insentif ini adalah 68 publikasi.
  3. Bila dipandang perlu serta untuk menghindari salah persepsi antar tim peneliti, para penulis pertama (ketua peneliti) wajib mengabarkan program insentif publikasi artikel ilmiah berbasis penelitian yang dikelola oleh LP3M UMY.

MEKANISME SELEKSI INSENTIF PUBLIKASI ILMIAH

DAN PEMBAYARAN

  1. Bagi yang berminat mengajukan program insentif tersebut, wajib menyerahkan bukti pemuatan pada jurnal ilmiah (bukti Jurnal Ilmiah dan atau foto copy publikasi artikel pada jurnal ilmiah disertai cover jurnalnya, jika bukti aslinya terbatas). Dosen kemudian mengajukan usulan INSENTIF Publikasi Ilmiah kepada LP3M UMY melalui Kaprodi dan Wadek Akademik masing-masing dan mengunggah berkas publikasi ilmiahnya melalui Simlitabmas LP3M UMY.
  2. Pembayaran sejumlah uang sesuai skema program insentif publikasi ilmiah yang ditawarkan, akan dilakukan pembayarannya (100% dikurangi PPh 5%) melalui rekening masing-masing Wakil DekanAkademik.
  • Batas waktu penyerahan persyaratan program skema insentif publikasi ilmiah tersebut, diterima oleh LP3M UMY paling lambat 31 Januari 2019 untuk publikasi di tahun 2018. Sedangkan publikasi di tahun 2019 akan diterima hingga 31 Mei 2019. LP3M UMY akan menginformasikan pihak Fakultas bilamana kuota dan anggaran skema program INSENTIF PUBLIKASI ILMIAH telah terpenuhi.

Halaman Pengesahan Usulan Insentif Publikasi Ilmiah

  1. Judul Publikasi : ……………………………………………..
  2. Nama Jurnal : ……………………………………………..
  3. Indeksasi Jurnal : ……………………………………………..
  4. Tanggal publikasi : ……………………………………………..
  5. Nomer dan volume : ……………………………………………..
  6. Status penulis ke : ……………………………………………..
a. Nama Dosen : ……………………………………………..
b. NIDN : ……………………………………………..
c. Jabatan/Golongan : ……………………………………………..
d. Program Studi : ……………………………………………..
e. Fakultas : ……………………………………………..
f.  Bidang Keahlian : ……………………………………………..

 

Mengetahui,

Kaprodi

 

Cap dan Tandatangan

 

(Nama Lengkap)

NIDN

Kota,Tanggal-Bulan-Tahun

Ketua Tim Pengusul

 

Tandatangan

 

(Nama Lengkap)

NIDN

Mengetahui,

Wadek/ Wadir Akademik

Cap dan Tandatangan

(Nama Lengkap)

NIDN

SURAT PERNYATAAN

1. Nama : ………………………………………………………….
2. Jabatan/ NIDN : ………………………………………………………….
3. Program Studi : ………………………………………………………….
4. Fakultas : ………………………………………………………….
5. Alamat : ………………………………………………………….

Menyatakan bahwa publikasi ini belum pernah didanai oleh sumber dana manapun. Dan bahwasanya publikasi ini adalah bebas plagiarisme serta bebas terbitan pada jurnal predator.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada unsur pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kota, Tanggal-Bulan-Tahun

Pembuat Pernyataan

Tandatangan

 

(Nama Lengkap)

PENJELASAN LEBIH LENGKAP

 Bilamana ada hal-hal yang belum jelas terkait dengan Pengajuan skema Insentif Publikasi Ilmiah, silakan menghubungi:

DIANITA SUGIYO, S.Kep., Ns., MHID /0813-3184-4717/ Email: dianita.sugiyo@gmail.com

Kepala Divisi Jurnal dan Publikasi LP3M UMY