Divisi LP3M

Divisi Penerbitan

Ada dua jenis penerbitan yang dikelola LP3M UMY, yaitu penerbitan jurnal ilmiah dan penerbitan buku, khususnya hasil penelitian dan pengkajian ilmiah. Secara rinci kedua jenis penerbitan tersebut dijelaskan sebagai berikut ini :

Saat ini LP3M bersama Program Studi atau Fakultas di UMY telah memliki 4 jurnal nasional terakreditasi, yaitu:

  • Jurnal Media Hukum
  • Jurnal of Government and Politics
  • Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies
  • Jurnal Hubungan Internasional
  1. Jurnal Ilmu dan Kemanusiaan “MEDIA INOVASI”, Media ini terbit empat bulanan, dan dikhususkan bagi upaya membangun jembatan komunikasi ilmiah antara UMY dengan masyarakat ilmiah pada umumnya. Di dalam perjalanannya, jurnal ini pernah melakukan kerjasama dengan Departemen Iptek ICMI Pusat untuk menerbitkan sajian khusus tentang teknologi tepat guna yang disertakan sebagai suplemen MEDIA INOVASI. Prestasi yang dicapai oleh jurnal MEDIA INOVASI cukup menggembirakan, yaitu dalam Pemilihan Majalah Kampus Terbaik di Indonesia yang dilakukan Majalah GATRA pada tahun 1995, Jurnal MEDIA INOVASI terpilih sebagai majalah kampus terbaik kedua di Indonesia (Harapan I).
  1. Jurnal Hasil Penelitian Dosen “IDEA”. Jurnal ini dikhususkan bagi penyajian hasil penelitian dosen UMY, 1995.
  1. Majalah Pendidikan “GERBANG” untuk SMA dan SLTP negeri dan Swasta di Indonesia (LP3 UMY, Dikmenum, Direktorat SLTP Dirjen Dikdasme Depdiknas RI) (2001/2005)
  1. Majalah Pendidikan “ GERBANG” edisi khusus Civic Education untuk SMTA Muhammadiyah se Indonesia (2006)
  1. Majalah Pendidikan  “  GERBANG”  edisi  khusus  Civic  Education  untuk SMTA Muhammadiyah se Indonesia (2007)
  1. Jurnal Hasil Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) “BERDIKARI”. Jurnal ini diperuntukkan bagi eloborasi konseptual dan metodologis maupun tema strategis hasil pendampingan dan pemberdayan masyarakat oleh Dosen dan Penggiat pemberdayaan masyarakat termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat dalam dan luar negeri.