Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PPKM) UMY

Pendidikan di Perguruan Tinggi tidak bisa lepas perkembangan ilmu pengetahuan dan juga dinamika nasional dan internasional. Pesatnya perkembangan Iptek ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin memudahkan interaksi antar manusia. Perkembangan tersebut berdampak pula pada semakin menguatnya arus globalisasi yang mengusung faham liberalisme barat dan semakin mengserus nilai-nilai Islam serta kearifan lokal.

Penyelengaraan pendidikan tinggi di Indonesia berdasar pada semangat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional terutama pasal 3 tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan nasional yang kemudian dicapai melalui program kemahasiswaan tersebut selaras dengan tujuan UMY yaitu terwujudnya sarjana muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya diri, mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berguna bagi umat, bangsa dan kemanusiaan. Tujuan pendidikan seperti itulah kemudian menyemangati pelaksanaan pendidikan di UMY terutama pada pembinaan kemahasiswaan.

Pengembangan kreatifitas, minat, dan bakat mahasiswa UMY tidak terlepas dari amanat UU No 12 tahun tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 14 (1) menyebutkan bahwa : “Mahasiswa mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dirinya melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses Pendidikan.” Selanjutnya ayat  (2) :  “Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan melalui organisasi kemahasiswaan.” Hal ini selaras dengan  UU No. 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan pasal 41 (1) dan 42 bahwa  Organisasi kemahaiswaan bertujuan untuk, mengasah kematangan intelektual, meningkatkan kreativitas, menumbuhkan rasa pecaya diri, meningkatkan daya inovasi, menyalurkan minat bakat, menumbuhkan semangat kesetiakawanan sosial dan pengabdian masyarakat. Guna memberikan fasilitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa, maka Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, potensi, dan kecerdasan Mahasiswa (UU No 12 tahun 2012 Pasal 41 ayat (3).

Sejak tahun 2013, dibentuklah Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) untuk mengelola kemahasiswaan UMY. Sebagai salah satu pusat di bawah LPKA, Pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PPKM) yang memiliki fungsi pengembangan kreatifitas dan minat bakat mahasiswa supaya dapat berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Secara khusus, PPKM bertugas untuk : 1) mempersiapkan mahasiswa dalam berkompetisi di ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Program Hibah Bina Desa (PHBD), dan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. 2) Membina dan mengembangkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Universitas (BEM-U), Dewan Perwakilan Mahasiswa tingkat Universitas (DPM-U), dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tingkat Universitas (IMM Koordinator Komisariat).