Selasa, 24 Oktober 2017 perwakilan keluarga PKM UMY memenuhi undangan KEMENRISTEKDIKTI yang bekerjasama dengan UNISSULA dalam menyelenggarakan SOSIALISASI/PENINGKATAN KEMAMPUAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) TAHUN 2017.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.30 itu dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan dosen dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan DIY. Dalam pertemuan itu, disampaikan beberapa hal mengenai kebijakan baru DIRJEN BELMAWA mengenai PKM, penjelasan umum PKM, juga penjelasan rinci dari masing-masing PKM.

Dalam pertemuan itu disebutkan bahwa salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam mengikuti PKM adalah tidak patuhnya peserta terhadap rambu-rambu serta aturan yang ditetapkan dalam masing-masing kategori PKM. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kegagalan terbanyak (hampir 60%) pada seleksi administratif. Disamping itu, disampaikan pula bahwa peran dosen pembimbing dalam PKM merupakan hal yang sangat penting. Adanya pembatasan kuota yang berbeda-beda dalam setiap universitas mengharuskan internal universitas untuk dapat lebih selektif lagi dalam mendampingi dan membimbing mahasiswanya sehingga PKM yang dimunculkan dan diterima BELMAWA menjadi lebih berkualitas.