SISTEMATIKA PENULISAN

 

A.           SISTEMATIKA 5 BIDANG

Ide kreatif 5 bidang ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman Sampul sampai dengan Daftar Isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,.. dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah, sedangkan halaman utama yang dimulai dari Pendahuluan sampai dengan halaman Lampiran diberi halaman dengan angka Arab: 1, 2, 3,…dst. yang diletakkan pada sudut kanan atas. Penyusunan ide kreatif bidang penelitian,kewirausahaan,pengabdian masyarakat, penerapan teknologi dan karsa cipta harus sesuai dengan sistematika sebagai berikut:

 

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 1).

HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2).

DAFTAR ISI

 

BAB 1.

PENDAHULUAN

Karakteristik sistematika pada bab pendahuluan pada masing-masing bidang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Bidang Penelitian. Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan) penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu pengusul. Luaran yang diharapkan dan manfaat dari kegiatan ini juga harus disajikan pada bab ini.
  2. Bidang Kewirausahaan. Uraikan latar belakang, alasan yang mendasari, dan urgensi (keutamaan) kegiatan kewirausahaan yang diusulkan serta proses mengidentifikasi peluang usaha termasuk uraian tentang persoalan masyarakat usaha dan kelayakan usaha tersebut. Selain itu, tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam kegiatan yang akan dilaksanakan. Luaran dan manfaat kegiatan yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.
  3. Bidang Pengabdian Masyarakat. Uraikan latar belakang dan permasalahan atas kegiatan yang diusulkan. Pada bab ini juga uraikan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.
  4. Bidang Penerapan Teknologi. Pada bab ini, uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah pada mitra yang akan dicari solusinya dengan merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan atas topik terkait dapat dikemukakan di sini. Uraikan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi mitra yang akan dilibatkan dalam kegiatan penerapan teknologi. Selain itu,uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan.
  5. Bidang Karsa Cipta. Pada bagian ini uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya yang merujuk pada berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini. Uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan. Uraikan secara singkat pada bagian mana karsa cipta yang ditawarkan mampu memberikan nilai atau manfaat jangka panjang kepada pihak sasaran. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.

 

BAB 2.

TINJAUAN PUSTAKA (Bidang penelitian, karsa cipta, penerapan teknologi)

Bab 2 dalam bidang penelitian,karsa cipta dan penerapan teknologi adalah Bab Tinjauan pustaka. Penjelasan Bab tinjauan pustaka pada masing-masing bidang adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Penelitian. Pada bab ini dikemukakan teori yang melandasi proposal kegiatan berdasar acuan primer (penelitian dalam jurnal ilmiah) yang up to date dan relevan. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari ide kreatif. Tinjauan Pustaka juga menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan ide kreatif. Tinjauan Pustaka bukan kumpulan teori, namun merupakan rangkaian hasil yang sudah dikenali dan mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir tentang terjadinya suatu peristiwa ilmiah dari suatu topik ilmiah yang akan dikaji atau diteliti.
  2. Bidang Karsa Cipta.

Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa. Tunjukkan keberadaan produk-produk teknologi yang mendukung pada ide bidang karsa cipta. Uraikan juga literatur yang memiliki keterkaitan dengan ide atau gagasan yang ditawarkan dan jika ada kemiripan, pada bagian mana karsa cipta yang ditawarkan memiliki perbedaan atau keunikan. Karsa cipta yang ditawarkan harus bersifat konstruktif dan mampu menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya serta memiliki daya guna yang jelas.

 

 

  1. Bidang Penerapan Teknologi.

Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan membantu mitra dalam meningkatkan usaha atau kegiatannya. Uraikan literatur yang memiliki keterkaitan dengan ipteks yang akan diterapkan pada mitra. Tunjukkan juga keberadaan produk-produk teknologi yang mendukung pada ide kreatif bidang penerapan teknologi. Pada bagian ini harus diuraikan pada aspek mana bantuan teknologi yang ditawarkan diyakini akan mampu meningkatkan nilai tambah bagi mitra, misalnya peningkatan mutu produk, perbaikan proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain atau aspek-aspek manajemen yang mencakup pemasaran, pembukuan atau status usaha.

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA (Bidang Kewirausahaan)

Pada bidang kewirausahaan tidak ada Bab tinjauan pustaka, tetapi Bab Gambaran Umum Rencana Usaha. Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan PKM-K selesai dilaksanakan.

GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN (Bidang Pengabdian kepada Masyarakat)

Pada bidang kewirausahaan tidak ada Bab tinjauan pustaka, tetapi Bab Gambaran Umum Masyarakat Sasaran.Pada bab ini, uraikan penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian agar diuraikan secara faktual. Uraikan permasalahan yang dihadapi masyarakat yang membutuhkan bantuan penyelesaiannya. Hindari adanya kegiatan penelitian atau kegiatan survei dalam ide kreatif pengabdian kepada masyarakat.

BAB 3.

METODE PENELITIAN

Bab 3 dalam bidang penelitian adalah metode penelitian. Metode penelitian harus menjelaskan secara utuh tahapan penelitian yang akan dilaksanakan, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.

METODE PELAKSANAAN

Bab 3 dalam bidang kewirausahaan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi dan karsa cipta adalah metode pelaksanaan. Penjelasan Bab metode pelaksanaan pada masing-masing bidang adalah sebagai berikut:

  1. Bidang Kewirausahaan. Metode pelaksanaan menyajikan uraian tentang teknik, cara atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.
  2. Bidang Pengabdian Masyarakat. Pada bagian ini uraikan secara jelas teknik, cara pelaksanaannya (pelatihan, pendampingan, demplot, konsultasi, rekayasa social dll), teknik pengumpulan, pengolahan dan analisis data serta tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.
  3. Bidang Penerapan Teknologi. Pada bab ini, uraikan secara lengkap mengenai teknik, cara pelaksanaan program (pendidikan, konsultasi, pelatihan, rekayasa keteknikan, rekayasa sosial, pendampingan, pengujian mutu, dll) dan tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.
  4. Bidang Karsa Cipta. Pada bagian ini uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program (cara koleksi data awal, rekayasa keteknikan, cara uji keandalan karya, teknik koleksi, pengolahan, analisis data dll) secara rinci. Selain itu, uraikan juga tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.

 

 

BAB 4.

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

  • Anggaran Biaya

Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan kebutuhan dan disusun mengikuti format pada Tabel 1.

Tabel 1. Format Ringkasan Anggaran Biaya Penelitian
No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp.)
1 Peralatan penunjang  
2 Bahan habis pakai  
3 Perjalanan  
4 Lain-lain

(Administrasi, publikasi, seminar,laporan,dll)

 
Jumlah  

 

  • Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan antara 3 s.d 5 bulan, disusun dalam bentuk bar chart sesuai dengan format pada Lampiran 4.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam proposal penelitian yang dicantumkan di dalam daftar pustaka. Daftar pustaka tidak diwajibkan untuk bidang kewirausahaan dan pengabdian kepada masyarakat.

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota, Biodata Dosen Pendamping yang ditandatangani

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan (Lampiran 3).

 

B.            SISTEMATIKA GAGASAN TERTULIS

Ide kreatif dalam bidang gagasan tertulis ditulis menggunakan huruf Times New Roman font ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi dan ukuran kertas A-4, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm, serta mengikuti sistematika sebagai berikut :

 

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 1).

HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2).

DAFTAR ISI

Bagian Pendahuluan berisi latar belakang yang mengungkap uraian tentang alasan mengangkat gagasan menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung), dan tujuan dan manfaat yang ingin dicapai.

Bagian gagasan berisi uraikan tentang: a. Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan); b. Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki keadaan pencetus gagasan; c. Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan dan prediksi hasil jika gagasan tersebut diimplementasikan; d. Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya; dan e. Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai.

Kesimpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum kesimpulan mengungkap gagasan yang diajukan, teknik implementasi yang akan dilakukan, dan prediksi hasil yang akan diperoleh (manfaat dan dampak gagasan).

 

DAFTAR PUSTAKA.

Semua sumber pustaka yang diacu di dalam naskah, dituliskan dalam daftar pustaka dengan format mengikuti Harvard style.

LAMPIRAN-LAMPIRAN.

Lampiran. Biodata Ketua dan Anggota yang ditandatangani