Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di UMY saat ini telah menjadi primadona kegiatan kemahasiswaan. Karena PKM sangat bermanfaat mengangkat atmosfir akademik di perguruan tinggi.

Demikian disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Sri Atmaja P. Rosyidi, Ph. D. saat memberikan sambutan pada Workshop Penyusunan Proposal PKM untuk Dosen dan Mahasiswa tingkat Universitas di Ruang Sidang AR. Fachruddin A Lt. 5,  Kamis (3/10/2013). Pada kegiatan ini, Prof. Ir. Jamasri yang merupakan reviewer DIKTI turut hadir sebagai pembicara utama.

Selain itu, bapak Sri Atmaja juga mengungkapkan bahwa PKM merupakan ajang untuk mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. “Melalui PKM diharapkan mahasiswa menggunakan waktu luangnya dengan membentuk kelompok-kelompok diskusi, dan mereka bisa menghabiskan waktunya untuk berdiskusi antar sesama anggota kelompok tersebut atau juga dengan dosen-dosennya terkait dengan pelaksanaan PKM,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, bapak Prof. Jamasri sempat menyinggung potensi UMY sebagai juara umum PIMNAS, apabila sungguh-sungguh mengelola kegiatan kemahasiswaan ini. “Dari sekian banyak PTS, saya berkeyakinan suatu saat UMY akan menjadi juara umum PIMNAS. Namun dengan catatan bahwa UMY mulai saat ini sudah mulai berbenah dalam hal pengelolaan PKM,” paparnya.

Selain menaruh harapan pada UMY, bapak Prof. Jamasri dalam penyampaiannya mengingatkan kepada seluruh peserta PKM terkait lolos adminstratif suatu proposal. “Berdasarkan data terakhir dari DITLITABMAS, diketahui bahwa 70% proposal tidak lolos administratif. Sehingga sisi administratif sebagaimana tercantum dalam pedoman harus menjadi acuan utama,” terangnya. (Fikar)

Temukan slide presentasi powerpoint Prof. Ir. Jamasri pada tautan pkm.umy.ac.id/dokumen.