PKM Berikan Sejuta Pengalaman

3 October, 2013 by : admin

Banyak yang berpikir menjalankan PKM itu merupakan pekerjaan yang rumit, susah dan memusingkan kepala karena banyaknya informasi yang harus dikumpulkan. Sebenarnya itu hanya sudut pandang dari sesorang yang belum memahami apa itu PKM. Padahal PKM itu memberikan sejuta pengalaman dan membuka cakrawala kita akan seluruh pengetahuan.

Begitulah motivasi yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Kreatifitas Mahasiswa UMY Sugito, S.IP, M.Si, dalam acara Workshop Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) FISIPOL Research Club (FRESH Club) UMY. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) tersebut turut dihadiri oleh Dekan FISIPOL Dr. Ali Muhammad, S.IP, M.A dan Wakil Dekan FISIPOL Bambang Wahyu Nugroho, S.IP, M.A, Rabu (2/10/2013).

Sugito menyampaikan bahwa melalui PKM mahasiswa akan lebih paham dan terbiasa dengan analisa, sehingga sangat membantu dalam proses perkuliahan. Selain mendapat berjuta pengetahuan dan wawasan, PKM juga bisa mendapatkan pendanaan jutaan rupiah. “Selain berjuta pengetahuan dan pengalaman, dana jutaan rupiah akan memenuhi kantong kalian. Jika PKM kalian bagus dan didanai DIKTI ataupun universitas tentunya”, seloroh dosen HI UMY ini.

Dalam kesempatan tersebut Sugito juga mengungkapkan, UMY perlu meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas usulan. Tahun 2012 UMY yang berhasil merebut emas di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), sedangkan PIMNAS 2013 UMY mendapatkan penghargaan favorit. “Mahasiswa harus berperan aktif dalam PKM, karena PKM memang diperuntukkan bagi mahasiswa”, katanya.

Untuk mengajak mahasiswa lebih bersemangat mengikuti PKM, Fresh Club UMY juga menghadirkan mahasiswa UMY yang berhasil lolos ke PIMNAS 2013 di Universitas Mataram Achmad Zulfikar. Dalam presentasinya Zulfikar menyampaikan, PKM itu terlihat susah dipermukaan. Namun, setelah dilaksanakan atau turun mengumpulkan data akan terlihat mudah dan menyenangkan. “Kalau nggak dimulai, PKM itu memang terlihat susah. Tapi coba teman- teman mulai ketika sudah menentukan temanya, jangan dipikir susah dulu” terang mahasiswa HI UMY angkatan 2010 ini.

Selain itu Ketua Umum Fresh Club UMY Mardian Ramaji mengatakan, Fresh Club akan siap mendampingi mahasiswa untuk melaksanakan PKM. “Fresh Club UMY sebagai promotor tri dharma perguruan tinggi akan siap mendampingi teman-teman dalam hal penelitian, dan juga PKM. Silahkan datang ke kantor Fresh Club yang berada di sebelah kantor Dekanat Fisipol”, katanya. (syah/fikar-ed)

Tulisan ini telah dimuat di Koran Kedaulatan Rakyat Hal. 15 pada Selasa, 8 Oktober 2013 dengan judul “Penelitian Memberikan Sejuta Pengalaman”